Wawancara PPS, KPU Kota Banjarbaru Libatkan Anggota PPK Terpilih

Mulai hari Kamis 22 Februari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru mulai melaksanakan seleksi wawancara terhadap seluruh calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. Seleksi wawancara ini merupakan tahapan terakhir dari seluruh tahapan pembentukan badan penyelenggara ad hoc PPS. Sebelumnya, KPU Kota Banjarbaru telah menyelesaikan seluruh tahapan pembentukan PPK dan telah menghasilkan Anggota PPK terpilih.

Wawancara PPS, KPU Kota Banjarbaru Libatkan Anggota PPK Terpilih
Wawancara PPS, KPU Kota Banjarbaru Libatkan Anggota PPK Terpilih

Seleksi wawancara terhadap calon Anggota PPS ini dilakukan secara paralel, yakni pada waktu yang bersamaan dilakukan wawancara terhadap calon dari beberapa kelurahan. “Pada hari pertama ini, mengingat jadwal beberapa komisioner lain, maka pada waktu bersamaan dilakukan wawancara terhadap 2 kelurahan. Mulai besok (Jumat, 23/02), kita secara paralel akan melaksanakan wawancara terhadap 4 kelurahan secara bersamaan,” ujar Mhd Wahyu NZ, Ketua Divisi SDM KPU Kota Banjarbaru yang membawahi urusan pembentukan ad hoc.

Wahyu menambahkan bahwa pada pelaksanaan wawancara PPS ini KPU Kota Banjarbaru juga melibatkan para Anggota PPK terpilih. “Meski belum dilantik, namun anggota PPK yang dilibatkan memang sudah ditetapkan sebagai PPK terpilih yang proses pembentukannya memang mendahului PPS. Tentu saja pelibatan PPK ini sebatas sebagai pendamping. PPK merupakan atas langsung dan pihak yang berhubungan dan bekerja sama langsung dengan PPS. Lebih baik PPK mengetahui dari awal profil para calon Anggota PPS,” jelas Wahyu.

Pada wawancara PPS hari pertama ini, telah dilaksanakan terhadap 3 (tiga) kelurahan di Kecamatan Banjarbaru Utara oleh Mhd Wahyu NZ, dan 3 (tiga) kelurahan di Kecamatan Landasan Ulin oleh Anggota KPU Kota Banjarbaru lainnya, Romzi Fahmi. Masing-masing dengan didampingi PPK dari Banjarbaru Utara dan PPK Landasan Ulin.

*Jadwal lengkap wawancara PPS dapat ketahui pada pengumuman ini.