Valina: Integritas dan Independensi adalah Marwah Penyelenggara Pemilu

Dr. Valina Singka Subekti
Dr. Valina Singka Subekti

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Dr. Valina Singka Subekti, menyampaikan bahwa memang tidak mudah menjalankan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. Karena pelaksanaan Pemilu bersinggungan langsung dengan wilayah politik dan kekuasaan sehingga segala daya dan upaya akan diusahakan oleh peserta Pemilu agar dapat memperoleh kemenangan.

Bahkan seringkali untuk memeroleh kemenangan tersebut, mereka memengaruhi penyelenggara Pemilu baik di tingkat pusat maupun level yang paling bawah dengan berbagai cara. Dan ini akan menimbulkan kerawanan apabila penyelenggara Pemilu tidak berintegritas dan independen. “Marwah dari Penyelenggara Pemilu adalah integritas dan independensi karena berkaitan dengan amanah konstitusi”, tegas Valina.

Valina juga menjelaskan, “Sesuai dengan Pasal 22 E ayat 5 Undang-Undang Dasar 1945 telah dijelaskan bahwa pemilihan umum diselenggarakan oleh suatu komisi pemilihan umum yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri. Pada pelaksanaannya ada tiga lembaga yang bertugas dalam pemilihan umum yakni KPU, Bawaslu, dan DKPP. Hadirnya tiga lembaga ini sebagai bentuk ikhtiar dari sisi regulasi maupun kelembagaan untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas.”

“Dibentuknya ketiga lembaga ini merupakan amanat konstitusi agar memastikan pemilihan umum yang dapat menjamin hak konstitusional dari warga negara. Baik mereka yang memiliki hak untuk dipilih maupun mereka yang memiliki hak untuk memilih”, urai Valina.