Undang Ragam Pemangku Kepentingan, KPU Sosialisasikan Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru laksanakan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 pada Rabu (1/11). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, KPU Banjarbaru mengundang beragam pemangku kepentingan pemilu, baik lembaga pemerintah, kelompok masyarakat, media massa, dan lain-lain.

Sosialisasi Pemilu 2019 KPU Kota Banjarbaru
Sosialisasi Pemilu 2019 ©KPU Kota Banjarbaru

3 (tiga) orang narasumber yang masing-masing adalah Mhd Wahyu NZ dari KPU Kota Banjarbaru, Normadina dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjarbaru, dan Andi Tenri Sompa dari unsur akademisi secara bergiliran menyampaikan paparannya. Bertindak sebagai moderator adalah Dermawati Sihite, staf pengajar Fakultas Hukum ULM.

Pada giliran pertama, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan SDM KPU Kota Banjarbaru Mhd Wahyu NZ, dalam paparannya menyampaikan tahapan Pemilu 2019 serta Gerakan Sadar Pemilu yang diinisiasi oleh KPU RI. Paparan kemudian dilanjutkan oleh Normadina dari Panwaslu Kota Banjarbaru, dengan mengusung tema Pengawasan Partisipatif, yang secara prinsip adalah mengajak publik untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu. Paparan ditutup oleh Andi Tenri Sompa, Direktur CEPP (Center for Election and Political Party) ULM yang menyampaikan paparan tentang pemilu sebagai sarana penegakan kedaulatan rakyat.

Sesuai penyampaian paparan, Dermawati selaku moderator memandu jalannya tanya-jawab antara peserta dan narasumber. Sejumlah pertanyaan disampaikan oleh peserta yang hadir. “Kalau didata dari pertanyaan yang disampaikan tadi, maka terdapat irisan atau kesamaan atas beberapa substansi. Yakni terkait daftar pemilih, dan politik uang,” demikian disampaikan oleh Mhd Wahyu NZ usai pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan sosialisasi kali ini juga disiarkan secara langsung (live streaming) melalui laman resmi media sosial KPU Kota Banjarbaru.