📚 Berita KPU & Kepemiluan

Arief Budiman: Jaga Transparansi dan Integritas!

Berita KPU & Kepemiluan 22/05/2017

Jelang pelaksanaan Pemilihan Tahun 2018 dan Pemilu Nasional 2019, Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman menegaskan, untuk tetap menjaga dua prinsip penting dalam penyelenggaraan pemilu yaitu Transparansi dan Integritas, Senin (22/5). Hal itu ditegaskan Arief dalam Rapat Pimpinan KPU dengan KPU Provinsi seluruh Indonesia dalam rangka konsolidasi menuju persiapan pemilihan Tahun 2018 dan Pemilu 2019.

Selengkapnya... Arief Budiman: Jaga Transparansi dan Integritas!

KPU Berharap Pembahasan RUU Pemilu Selesai Tepat Waktu

Berita KPU & Kepemiluan 19/05/2017

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengharapkan pembahasan RUU Pemilu dapat selesai tepat pada waktunya. Jika terlambat disahkan, tahapan awal persiapan Pilkada dan Pemilu serentak dapat terganggu. “Semakin cepat penyelesaian RUU Pemilu, tentu semakin baik. Namun, jika terlambat, semua pihak harus siap menghadapi situasi,” ujar Arief di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/5).

Selengkapnya... KPU Berharap Pembahasan RUU Pemilu Selesai Tepat Waktu

Pansus RUU Pemilu Sepakati Sederhanakan Proses Rekapitulasi

Berita KPU & Kepemiluan 18/05/2017

Selama ini, setelah penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), jalur rekapitulasi suara dimulai dari tingkat kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemudian ke tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), lalu Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota, KPU provinsi, serta KPU pusat. Manipulasi suara biasanya muncul di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Selengkapnya... Pansus RUU Pemilu Sepakati Sederhanakan Proses Rekapitulasi

KPU Laksanakan FDG Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Berita KPU & Kepemiluan 08/05/2017

Komisioner KPU RI, Viryan, menyampaikan sejumlah catatan sebagai bagian hasil dari PDG tersebut. Diantaranya adalah bahwa pola tahapan daftar pemilih sejak pemilu 1955 hingga sekarang belum mengalami perubahan signifikan, yaitu dimulai dengan Coklit oleh Pantarlih (PPDP), disusun DPS, DPS diumumkan, masukan/tanggapan terhadap DPS, DPS diperbaiki menjadi DPT. Pendetailan terhadap pola tahapan ini dengan tambahan tahapan DPSHP serta adanya DPKTB/DPTb1/DPTb terjadi di pemilu 2014 dan pilkada serentak.

Selengkapnya... KPU Laksanakan FDG Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan