Tak Sekedar Bimtek, KPU Serap Pemikiran PPK/PPS se-Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini Sabtu 17 Maret 2018 melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kerja dan Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019. Bimtek ini diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Sekretariat PPK/PPS se-Kota Banjarbaru secara bersamaan.

Tak Sekedar Bimtek, KPU Serap Pemikiran PPK/PPS se-Banjarbaru
Tak Sekedar Bimtek, KPU Serap Pemikiran PPK/PPS se-Banjarbaru

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman membuka secara resmi pelaksanaan Bimtek yang dimulai pada lebih kurang pukul 08.30 Wita. Seluruh Komisioner beserta Sekretaris, Kasubbag, dan staf Sekretariat KPU Kota Banjarbaru menghadiri pembukaan Bimtek yang dihelat di Aula Linggangan Intan ini.

Secara bergiliran dan ringkas, materi disampaikan kepada seluruh peserta Bimtek. Diawali oleh materi Tata Kerja PPK/PPS/Sekretariat yang disampaikan oleh Husein Abdurahman, dan dilanjutkan dengan materi Tahapan Pemilu 2019 yang disampaikan oleh Hegar W. Hidayat. Selanjutnya, Sekretaris KPU Kota Banjarbaru Hj. Khairunnisa menyampaikan materi tentang Keuangan PPK/PPS. Rangkaian paparan ditutup oleh Mhd Wahyu NZ, yang menyampaikan pengantar pelaksanaan Focus Discussion Group yang akan dilaksanakan oleh seluruh peserta.

Mhd Wahyu NZ, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa format pelaksanaan Bimtek kali ini memang memberikan penekanan utama pada keterlibatan aktif peserta. “Peserta yang terdiri dari PPK, PPS, dan Sekretariatnya diminta untuk mengidentifikasi tahapan Pemilu sesuai dengan tugas dan kewenangannya. Sekaligus melakukan analisis sejumlah faktor terhadap pelaksananaan tahapan tersebut. Dilanjutkan dengan perencanaan kerja secara umum,” jelas Wahyu usai pelaksanaan Bimtek.

Wahyu menambahkan, “Memang ada sejumlah tahapan yang masih lama lagi akan dilakukan, tapi dengan melakukan analisis saat ini, sedikit banyak PPK/PPS akan mendapatkan gambaran awal, dan sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan dilakukan. Semua hasil yang disampaikan oleh PPK/PPS pada Bimtek tadi akan kita simpan dan kaji.”

Pada pelaksanaan Bimtek tersebut, PPS dan PPK diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing. Setiap kelompok terdiri dari PPK atau PPS, bersama dengan sekretariatnya. Hal tersebut dimaksudkan agar terbangun komunikasi dan koordinasi sejak awal antara penyelenggara adhoc dan sekretariat. Kedua pihak juga diharapkan saling memahami tugas dan fungsinya dengan baik.