Survei Persepsi Masyarakat: Integritas Pemilu 2014

Terkait penyelenggaraan Pemilu 2014, KPK telah melaksanakan Survei Persepsi Masyarakat terhadap Integritas Pemilu tahun 2014. SPM Integritas Pemilu 2014 tersebut berusaha untuk memperlihatkan gambaran tingkat pemahaman, sikap dan kecenderungan perilaku masyarakat terhadap integritas pemilih, penyelenggara dan peserta pemilu.

Survei tersebut diharapkan juga dapat menjadi alat ukur tingkat pemahaman dan ekspektasi masyarakat mengenai pemilu yang berintegritas dan membantu kinerja KPK dalam upaya mewujudkan sistem politik yang berintegritas sebagai salah satu poin penting strategi pemberantasan korupsi di Indonesia.

Kegiatan Survei Persepsi Masyarakat terhadap Integritas Pemilu bertujuan untuk:

  • Mendapatkan gambaran mengenai pemahaman masyarakat pemilih terhadap integritas pemilih, integritas peserta pemilu dan integritas penyelenggara pemilu;
  • Mengetahui sikap pemilih terhadap perilaku pemilih, perilaku peserta pemilu dan perilaku penyelenggara pemilu;
  • Mengukur perilaku pemilih sebagai respon atas perilaku pemilih, perilaku peserta pemilu dan perilaku penyelenggara pemilu.

Pelaksanaan survei persepsi masyarakat terhadap integritas pemilu 2014 dilaksanakan dengan metode survei lapangan (field survey) yaitu melakukan wawancara tatap muka secara langsung (face to face interview) dengan responden menggunakan kuesioner yang dirancang secara khusus.

Download:

Laporan SPM Integritas Pemilu 2014