Sudah Bisa Bersiap Memilih Presiden & Wakil Presiden

Sesuai dengan tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 yang termuat dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2014, Partai politik maupun gabungan partai politik baru akan dapat mendaftarkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presidennya ke Komisi Pemilihan Umum RI memang baru akan bisa pada rentang 18-20 Mei 2014 mendatang. Namun hal itu tidak berarti masyarakat tidak bersiap untuk memilih calon presidennya.
Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Wahyu NZ, penanggung jawab Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, disela-sela diskusi dengan sejumlah kalangan muda yang terdiri dari birokrat, dosen dan wirausahawan muda di Kota Banjarbaru.
“Proses pencalonan memang ada tahapannya. Namun rasanya publik sudah bisa meraba-raba, siapa saja yang akan menjadi calon presiden RI kelak. Media cetak dan elektronik juga sudah memberitakan sedemikian rupa”, ucap Wahyu.
Ditambahkan pula, “Waktu untuk menentukan pilihan sampai dengan pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli 2014 mendatang masih cukup. Ada baiknya masyarakat untuk menimbang-nimbang siapa calon pilihannya yang akan menjadi Presiden ke-7 negeri ini. Jika memang persoalan bangsa ini dinilai begitu rumit dan kompleks, maka ini adalah momen untuk menentukan siapa figur yang dinilai mampu untuk memberikan solusi atas banyak persoalan.”
Pada diskusi yang berlangsung dalam suasana santai namun serius tersebut, Wahyu juga mengharapkan, agar hendaknya masyarakat menghargai proses dan sistem yang berjalan. Sebab sampai dengan sekarang, sistem saat inilah yang ada. Karenanya, apa yang ada saat inilah yang harus dimaksimalkan dan dikawal agar sistem bekerja memang untuk benar-benar kepentingan rakyat.
“Tentu saja masyarakat berharap agar semua persoalan tuntas dengan segera. Namun di sisi lain, bangsa ini adalah milik semua komponen. Tidak elok semua persoalan ditimpakan kepada satu dua orang. Presiden adalah juru mudi utama, yang mengarahkan agar proses dan sistem dapat berjalan ke arah yang benar dan maksimal. Seluruh pihak harus bahu membahu”, ucap Wahyu.