Sosialisasi Pelaporan Dana Kampanye Parpol se-Kota Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari Kamis (21/11) melaksanakan Sosialisasi Pelaporan Dana Kampanye bagi Partai Politik se-Kota Banjarbaru. Selain untuk memberikan informasi dan menyampaikan sejumlah aturan yang terkait dengan kewajiban pelaporan dana kampanye, kegiatan tersebut juga untuk memberikan pembekalan awal kepada parpol tentang tata cara penyusunan laporan dana kampanye.

Sosialisasi Pelaporan Dana Kampanye

Kegiatan sosialisasi pelaporan dana kampanye yang dilaksanakan di Hotel Rodhita Banjarbaru ini dibuka secara langsung oleh Husein Abdurrahman, Ketua KPU Kota Banjarbaru.

Pada kesempatan pertama, Komisioner KPU Kota Banjarbaru yang membawahi Divisi Hukum dan Pengawasan, Romzi Fahmi menyampaikan materi terkait dengan aturan-aturan yang menaungi kewajiban pelaporan dana kampanye oleh partai politik.

Pada kesempatan itu disampaikan bahwa jika sampai pada batas waktunya, peserta pemilu tidak menyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye pemilu kepada kantor akuntan publik yang telah ditunjuk oleh KPU, maka partai politik bersangkutan akan dikenai sanksi berupa tidak ditetapkannya calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota menjadi calon terpilih.

Selanjutnya paparan teknis tentang pedoman pelaporan dana kampanye disampaikan oleh Rawintan E. Binti, selaku perwakilan dari Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan terpisah, Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurrahman menyampaikan, “Pelaporan dana kampanye ini tidak semata-mata soal kewajiban bagi partai politik. Namun juga harus dilihat dalam konteks keterbukaan parpol kepada publik”.

“Pada Pemilu 2014 mendatang, soal dana kampanye ini memang tidak hanya menjadi urusan partai sebagai institusi, namun juga sampai pada tataran caleg. Sebab itulah kami berharap agar parpol juga menyampaikan informasi tentang hal ini kepada para calegnya”. Tam

Pada sosialisasi pelaporan dana kampanye tersebut diundang Ketua dan Bendahara Parpol se-Kota Banjarbaru. Selain itu juga turut berhadir Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru, dan Bambang S., Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Selatan.