Siapkan Usulan Dapil, KPU Kota Banjarbaru Laksanakan FDG

KPU Kota Banjarbaru pada Selasa (16/01), laksanakan Rapat Kerja Penyusunan Usulan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru Tahun 2019. Rapat kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Penataan Dapil ini dimaksudkan untuk mempersiapan usulan Dapil sekaligus Alokasi kursi pada setiap dapil.

FDG Penyusunan Usulan Dapil Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru
FDG Penyusunan Usulan Dapil Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru

Pada pelaksanaan Rapat Kerja tersebut,  KPU Kota Banjarbaru membuat Focus Discussion Group (FDG) yang secara keseluruhan terdiri dari 3 (tiga) kelompok.

Masing-masing kelompok diberikan waktu untuk melakukan diskusi dengan berpedoman kepada tata cara pembentukan Dapil serta prinsip-prinsip penyusunan Dapil.  Secara bergiliran, masing-masing kelompok memaparkan atau mempresentasikan hasil diskusi kepada Rapat Kerja.

Hasil dari pelaksanaan Rapat Kerja ini akan disusun oleh KPU Kota Banjarbaru menjadi sebuah usulan penataan Dapil & Alokasi Kursi pada Pemilu Anggota DPRD Kota Banjarbaru tahun 2019, yang kemudian akan disampaikan kepada publik pada rentang tanggal 19-25 Januari 2018. Kemudian dilakukan uji publik pada 26-28 Januari 2018.