Serius dan Santai dalam Pendidikan Pemilih Pemula di Kota Banjarbaru

Beragam metode digunakan oleh KPU Kota Banjarbaru dalam melakukan pendidikan pemilih di Kota Banjarbaru. Salah satunya adalah secara khusus dalam kegiatan yang menyasar pemilih pemula. Pelaksanakan pendidikan pemilih pemula yang menyasar para pelajar SMA/Sederajat di Kota Banjarbaru sambil diselingi dengan nyanyian.

Penanggung Jawab Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ berkeliling sejumlah sekolah tingkat SMA/sederajat di Kota Banjarbaru untuk menjumpai para siswa. Selain menyampaikan sejumlah materi dengan substansi pendidikan politik, juga mengajak para siswa bergembira melalui lagu-lagu.

Sosialisasi & Pendidikan Pemilih oleh KPU Kota Banjarbaru Serius namun Santai
Sosialisasi & Pendidikan Pemilih oleh KPU Kota Banjarbaru
Serius namun Santai

Seperti halnya kemarin, 23/10, KPU Kota Banjarbaru mengunjungi SMA Negeri 1 Banjarbaru dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam rangka Pilkada Kota Banjarbaru tahun 2015.

“Pendidikan pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Banjarbaru menyesuaikan dengan targetnya. Jika kita sedang berhadapan dengan pelajar, yang notabene masih muda, maka tentu kami akan menyesuaikan dengan kawan-kawan yang memang masih muda ini,” ujar Wahyu. “Substansi tentu tetap menjadi perhatian utama, namun kemasan dan unsur tambahan dalam kegiatan juga tidak dilupakan,” tambahnya.

Wahyu juga menjelaskan, bahwa dalam kegiatan pendidikan pemilih untuk pemilih pemula ini memiliki substansi yang berbeda dengan kegiatan sejenis yang menyasar masyarakat umum. “Untuk pemilih pemula, substansi dasarnya adalah arti penting pemilihan, keberanian dan motivasi untuk memilih atau keterlibatan aktif, serta sedikit informasi teknis pemilihan,” demikian Wahyu.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, KPU Kota Banjarbaru berkoordinasi dengan SMA/SMK di Kota Banjarbaru, dan mendapatkan waktu khusus untuk berjumpa dengan para siswa. Sampai dengan saat ini, dari sejumlah sekolah yang sudah dikunjungi, KPU Kota Banjarbaru dapat menyimpulkan mendapatkan respon yang baik dari pihak sekolah dan para pelajar.