Sabtu Sore, KPU Kembali Laksanakan Penelitian Faktual Administrasi

Mulai Sabtu (25/11) sore, KPU Kota Banjarbaru kembali memulai pelaksanaan penelitian faktual administrasi terhadap dugaan keanggotaan ganda serta dugaan keanggotaan partai politik yang tidak memenuhi syarat. Pelaksanaan penelitian faktual administrasi di Kota Banjarbaru kali ini adalah untuk 3 (tiga) partai politik pasca putusan Bawaslu RI.

Penelitian Faktual Administrasi Keanggotaan Parpol
Penelitian Faktual Administrasi Keanggotaan Parpol

Sebelumnya KPU Kota Banjarbaru menyelesaikan penelitian secara administratif pada Sabtu (25/11) siang. “Tadi siang kita sudah selesaikan penelitian administrasi. Kemudian data kegandaan dan dugaan keanggotaan parpol yang TMS sudah kita kelompokkan. Hal tersebut untuk memudahkan pelaksanaan faktual administrasi. Sehingga pada sore ini kita bisa langsung jalan,” ucap Rizali Anwar, Anggota Tim Penelitian KPU Kota Banjarbaru.

Masa penelitian administrasi sendiri akan berlangsung hingga tanggal 30 November 2017 mendatang. Selanjutnya, KPU Kota Banjarbaru akan menyampaikan hasil penelitian kepada masing-masing parpol pada 30 November – 1 Desember 2017, untuk kemudian dilakukan perbaikan oleh parpol jika diperlukan.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan Keputusan KPU Nomor 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia. Keputusan tersebut adalah mengatur hal-hal terkait dengan pendaftaran 9 (sembilan) partai politik. KPU Kota Banjarbaru telah menindaklanjuti keputusan tersebut dengan menerima dokumen keanggotaan parpol di tingkat Kota Banjarbaru, untuk kemudian melakukan tahapan selanjutnya.