Rumah RAKAT – Rumah Pintar Pemilu

RPP RAKAT KPU Kota Banjarbaru

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru dinamakan sebagai “RUMAH RAKAT” dan menjadi sebuah sarana pendidikan pemilih dan media informasi tentang kepemiluan di KPU Kota Banjarbaru.

RUMAH RAKAT diambil dari kata rakat yang merupakan sebuah kata dalam Bahasa Banjar yang memiliki makna akrab, dekat, dan lain sejenisnya. Penggunaan kata rakat ini merupakan sebuah harapan, bahwa pemilihan umum yang bagaimanapun adalah sebuah kontestasi politik tidak semestinya membuat publik atau masyarakat menjadi terpecah belah atau terpolarisasi secara negatif. Meski berbeda pandangan dan pilihan politik, masyarakat sudah seyogyanya tetap bisa menjadi satu kesatuan atas nama dan untuk kepentingan bersama.

RAKAT sebagai nama RPP KPU Kota Banjarbaru juga dijadikan sebuah akronim dari Suara Rakyat. Pemilu yang merupakan pengejawantahan kedaulatan rakyat melalui sebuah proses politik, meletakkan suara rakyat pada posisi tertinggi. Suara rakyat adalah bentuk kedaulatan dan martabat rakyat.

RUMAH RAKAT di KPU Kota Banjarbaru memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang terdiri dari: Ruang Audio Visual, Ruang Display, Ruang Pustaka dan Diskusi, serta Ruang Simulasi Penyelenggaraan Pemungutan Suara (TPS). Rumah Rakat dan seluruh fasilitas pendukungnya ini dapat digunakan secara bebas (gratis) oleh masyarakat Kota Banjarbaru.

Alur Tata Ruang Rumah RAKAT KPU Kota Banjarbaru
Alur Tata Ruang Rumah RAKAT KPU Kota Banjarbaru