Rapat Koordinasi Terkait Pendaftaran & Pemeriksaan Dokumen 9 Parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada Jumat (24/11) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen 9 (sembilan) partai politik calon peserta Pemilu 2019 pasca Putusan Bawaslu RI. Rakor ini dilaksanakan bertempat di Aula KPU Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Rakor Pendaftaran & Penelitian Administrasi
Rakor Pendaftaran & Penelitian Administrasi di KPU Kalsel

Pada kesempatan tersebut, berhadir mewakili KPU Kota Banjarbaru adalah Ketua KPU Kota Banjarbaru Husein Abdurahman, 2 (dua) orang anggota KPU Kota Banjarbaru, serta Kepala Subbagian Hukum Sekretariat KPU Kota Banjarbaru, Wahyudiansyah.

Wahyudiansyah menyampaikan pada rakor tersebut ditegaskan kembali bahwa proses yang dilaksanakan terhadap dokumen keanggotaan 9 (sembilan) partai politik akan sama sebagaimana dokumen keanggotaan parpol yang telah diserahkan sebelumnya.

“Satu hal yang penting bagi kita di KPU Kota Banjarbaru adalah terkait jadwal penyampaian hasil penelitian kepada KPU RI. Bahwa KPU Kabupaten/Kota sudah harus menyampaikan hasil kepada KPU RI melalui KPU Provinsi pada 28 November mendatang. Maka berarti sebelum itu sudah harus selesai pelaksanaan penelitiannya. Namun jadwal ini adalah untuk kepentingan internal, sementara untuk jadwal penyampaian hasil kepada parpol tidak ada perubahan,” terang Yudi, demikian biasa disapa.

Pada kesempatan yang sama, KPU Kota Banjarbaru juga telah menyampaikan hasil penerimaan dokumen keanggotaan parpol pasca Putusan Bawaslu RI kepada KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Disampaikan bahwa KPU Kota Banjarbaru telah menerima dokumen dari 3 (tiga) partai politik, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).