Rapat Koordinasi Persiapan Penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2019

Selasa (28/11) mulai pukul 09.00 Wita, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melaksanakan Rapat Koordinasi tentang Data Penduduk dan Data Administrasi Pemerintahan di Kota Banjarbaru. Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan penataan daerah pemilihan (dapil) pada penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPRD Kota Banjarbaru Tahun 2019 mendatang.

Rapat Koordinasi Persiapan Penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2019
Rapat Koordinasi Persiapan Penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2019

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman dalam pengantarnya menyampaikan bahwa KPU Kota Banjarbaru bermaksud menyerap berbagai data dan informasi terkait dengan penataan daerah pemilihan. “Dalam pemilu legislatif, dapil ibaratnya adalah arena laga atau daerah pertempuran memperebutkan kursi dari setiap partai politik untuk menempatkan wakil-wakilnya di DPRD. Daerah pemilihan di kabupaten/kota adalah kecamatan atau gabungan kecamatan,” ujar Husein.

Sebelum para pihak terkait menyampaikan data dan informasi, KPU Kota Banjarbaru melalui Ketua Divisi Teknis yang membidangi penataan dapil, Fasih Wibowo menyampaikan gambaran kebijakan umum penataan daerah pemilihan (dapil). Salah satu substansi yang disampaikan adalah 7 (tujuh) asas penataan daerah pemilihan Anggota DPR/DPRD. Selain itu juga disampaikan proyeksi dapil Anggota DPRD Kota Banjarbaru pada Pemilu 2019 yang masih didasarkan pada data agregat kependudukan Kota Banjarbaru semester pertama tahun 2017.  “Untuk finalnya KPU Banjarbaru masih menunggu DAK2 yang selambatnya akan diterima pada 17 Desember 2017 mendatang,” jelas Fasih.

Berhadir pada rakor yang dipandu oleh Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ tersebut adalah para Camat se-Kota Banjarbaru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru, BAPPEDA Kota Banjarbaru, Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru, serta Bagian Pemerintahan Setdako Kota Banjarbaru.