Rapat Dengar Pendapat Bersama DPRD Kota Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini, Selasa (20/5) melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru. RDP yang dilaksanakan atas inisiatif dan undangan dari DPRD Kota Banjarbaru tersebut berlangsung mulai pukul 12.15 Wita bertempat di Ruang Sidang Lt. 1 DPRD Kota Banjarbaru.

RDP yang dihadiri oleh seluruh Fraksi di DPRD Kota Banjarbaru tersebut juga turut dihadiri oleh Panwaslu Kota Banjarbaru, Badan Kesbangpol, Badan Kependudukan & Catatan Sipil.
Persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden & Wakil Presiden menjadi salah satu mata pokok bahasan. Khususnya terkait dengan penyusunan Daftar Pemilih Tetap pada Pilpres 2014 mendatang.

KPU Kota Banjarbaru menyampaikan paparan mengenai perkembangan penyusunan Daftar Pemilih di Kota Banjarbaru. Selain itu juga disampaikan kendala-kendala yang selama ini dihadapi oleh penyelenggara pemilu, KPU dan jajarannya hingga tingkat PPS di kelurahan.

Pada kesempatan tersebut KPU Kota Banjarbaru menyampaikan dan menegaskan arti pentingnya peran aktif masyarakat serta pemangku kepentingan pemilu lainnya dalam penyusunan daftar pemilih tersebut. Terlebih lagi mengingat dalam pelaksanaan Pilpres 2014 ini tidak lagi terdapat petugas pantarlih.

Selain itu juga disampaikan jumlah terkini pemilih di Kota Banjarbaru yang telah termasuk pada Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP), yakni sejumlah 146.799 orang. Yang berarti terdapat kenaikan sekitar 3077 orang bila dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Legislatif lalu.