Rakor Stakeholder Pilpres 2014 se-Kalimantan Selatan

Kegiatan yang dihadiri oleh KPU & BAWASLU Provinsi Kalsel, KPU & PANSWASLU Kabupaten/Kota se-Kalsel, serta Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan ini menghadirkan Sigit Pamungkas (Komisioner KPU RI), Muhammad (Ketua BAWASLU RI), Zainal Arifin Muchtar (Direktur PUKAT UGM) serta Hairiansyah (Komisioner KPU Kalsel) selaku pembicara.

KPU Kota Banjarbaru pada Selasa (17/6) malam menghadiri dan mengikuti Rapat Koordinasi Stakeholder Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) se-Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan.

Jalannya Rakor Stakeholder PPWP se-Kalsel ini dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram. Rapat koordinasi Stakeholder PPWP ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung sampai dengan Rabu (18/6) besok di Banjarmasin.

Ketua BAWASLU RI, Muhammad, mendapatkan giliran pertama untuk menyampaikan paparan dengan kemudian dilanjutkan oleh Sigit Pamungkas, Zainal A. Muchtar dan diakhiri oleh Hairiansyah.

Melalui forum tersebut, Sigit Pamungkas menjelaskan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan Pemilu Presiden & Wakil Presiden 2014. Sigit menegaskan bahwa KPU tidak pernah mengajukan permohonan PERPPU selaku pengganti UU Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Secara prinsip, Sigit juga mejelaskan bahwa pada waktunya KPU akan menjelaskan sikap terkait dengan berkembangnya wacara PPWP 2 putaran. Sembari menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi yang tengah menyidangkan perkara pengujian UU Nomor 42 Tahun 2008.