Puisi: Partisipasi Masyarakat Banjarbaru Sosialisasikan Pemilu

Masyarakat Kota Banjarbaru, dalam hal ini secara khusus para pegiat sastra turut mendukung dan mensosialisasikan Pemilihan Umum 9 April 2014 mendatang. Partisipasi masyarakat tersebut dituangkan dalam bentuk kegiatan Poetry in Action yang secara rutin dilaksanakan setiap bulan di Banjarbaru. Melalui tema, “Pemilu 2014 – Dimana Kau, Puisi?“, agenda Poetry in Action menyajikan beragam puisi yang dibawakan oleh masyarakat umum.

Partisipasi Masyarakat Banjarbaru
Poetry in Action

HE. Benyamine, penggagas kegiatan rutin ini menyampaikan, “Melalui puisi, kita tidak hanya mensosialisasikan pemilu, namun juga berusaha untuk mendekatkan beragam persoalan yang masih ada ditengah masyarakat kepada para calon anggota legislatif melalui puisi”.

Pada kesempatan tersebut, seluruh peserta pemilu di Kota Banjarbaru juga diberikan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam pembacaan puisi. Walaupun tidak seluruh peserta pemilu yang menggunakan kesempatan tersebut.

Benyamine juga menyampaikan, “Kami hanya membuka ruang dan memberikan kesempatan. Momen ini adalah salah satu sarana untuk mempertemukan masyarakat dan peserta pemilu pada sebuah kesempatan yang sama. Melalui puisi yang tentu saja juga memiliki nilai rasa, tidak semata logika”.