Pilkada Melalui DPRD: Banjarbaru Siap Sesuaikan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman menyatakan bahwa sehubungan dengan hasil rapat paripurna DPR RI terkait RUU Pilkada yang akan dilaksanakan melalui DPRD, KPU Kota Banjarbaru siap melakukan penyesuaian jika memang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarbaru yang akan dihelat pada 2015 mendatang akan dilaksanakan melalui DPRD Kota Banjarbaru.

“Pada dasarnya KPU Kota Banjarbaru sangat siap untuk melakukan penyesuaian dengan adanya perubahan ini. Walaupun pada dasarnya kami telah membuat perencanaan Pilkada Banjarbaru dilaksanakan secara langsung”, ucap Husein.

“Karena seluruh jajaran penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU , adalah pelaksana undang-undang. Maka juga tentu harus siap dengan adanya undang-undang baru ini”, tambahnya.

Husein juga menambahkan, “Tentu saja, KPU Kota Banjarbaru harus tetap berpedoman kepada sejumlah regulasi. Tak hanya undang-undang, melainkan juga aturan lain semisal Peraturan KPU. Karena UU Pilkada ini baru tadi malam disahkan, maka sudah pasti masih belum ada sejumlah aturan turunan lainnya. Semisal pedoman teknis pencalonan dan lain sebagainya. Kita tunggu hal tersebut dari KPU RI”.