Pilkada: Jangan Gadaikan Integritas

Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga tingkat kabupaten/kota diingatkan untuk tetap menjaga integritas penyelenggara pemilu dan penyelenggaraan pilkada itu sendiri. KPU provinsi dan kabupaten/kota diingatkan untuk tidak menjalin komitmen dengan pihak mana pun terkait penyelenggaraan pemilu kepala daerah.

Hal tersebut ditegaskan oleh Komisioner KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Review Pelaksanaan Anggaran Tahapan Pemilu 2014 dan Koordinasi Persiapan Penyusunan Anggaran, Program dan Tahapan Pemilukada 2015 di Hotel Novotel, Jakarta Utara, Selasa (16/9/2014).

Ferry mengingatkan, jangan sampai peristiwa pada penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 lalu terulang pada pemilukada 2015 mendatang. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberi sanksi pada banyak penyelenggara pemilu karena terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu, terutama penyelenggara di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Mohon mulai sekarang jangan ada komitmen-komitmen apa pun. Tidak ada kegiatan yang mengarah pada nilai-nilai dan integritas kita yang tergadaikan,” ujar Ferry.