Songsong Pemilu 2019, KPU Kota Banjarbaru Persiapkan Gelaran Seni Budaya

Menyongsong 1 (satu) tahun menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru mempersiapkan pagelaran seni budaya guna mensosialisasikan Pemilu. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat & SDM KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ pada Rabu (07/02) kemarin.

Pertunjukan Mamanda dalam rangka Sosialisasi Pemilu 2014 lalu
Pertunjukan Mamanda dalam rangka Sosialisasi Pemilu 2014 lalu

Wahyu menyampaikan bahwa saat ini KPU Kota Banjarbaru tengah menyusun rencana kegiatan pagelaran seni budaya yang akan dilaksanakan pada April 2018 tersebut. “Saat ini KPU Banjarbaru tengah susun perencanaan terkaitnya. Selain melakukan identifikasi media seni budaya yang akan diangkat, sampai dengan teknis pelaksanaan agar maksimal.”

Wahyu menambahkan bahwa penggunaan media seni budaya tradisional bagi KPU Kota Banjarbaru bukanlah hal baru. “Sejak Pemilu 2014, kemudian pada Pilkada 2015, KPU Kota Banjarbaru selalu menggunakan seni budaya tradisional sebagai salah satu media sosialisasi dan pendidikan pemilih. Ragam seni yang pernah kita gunakan diantaranya adalah Mamanda, sebuah teater tradisional Banjar. Madihin, yang merupakan seni tutur, serta Bapandung, sebuah format pertunjukan tradisional Banjar yang dapat dikatakan hampir punah,” papar Wahyu.

“Mudah-mudahan gelaran pada April mendatang ini akan mendapat respon yang baik dari publik di Kota Banjarbaru, seiring dengan perencanaan, mau apa dan bagaimananya yang tengah kami susun. Insya Allah akan dilaksanakan pada 21 April 2018 mendatang, dan tentu saja gratis bagi seluruh masyarakat yang ingin menyaksikannya,” tutup Wahyu.