Perludem: Jangan Sampai RUU Pemilu Digugat ke MK

Titi Anggraini
Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-Undang (RUU) Pemilu harus mengantisipasi jangan sampai RUU Pemilu yang disahkan DPR RI nanti digugat ke Mahkamah Konstutusi (MK).

“Bisa dibayangkan pemilu serentak lima kotak dan begitu kompleks, pemilu serentak terbesar di dunia yaitu Indonesia dengan pemilih 190 juta lebih diselenggarakan oleh KPU tapi dibayang-bayangi oleh ketidakpastian hukum,” kata Titi beberapa waktu lalu.

Sebab, jika undang-undang yang disahkan menjadi sengketa hukum di MK, maka KPU tidak bisa memulai untuk bekerja karena tidak ada payung hukum. “Lalu mereka (KPU) bekerja dengan payung hukum yang mana? Ini yang harus dipikirkan oleh pansus. Pertaruhan kita sangat besar di 2019,” katanya.

Oleh karenanya, Titi juga mengimbau Pansus RUU Pemilu segera mensahkan RUU ini, sehingga KPU tidak bekerja secara tergesa-gesa. “Kalau KPU bekerja dengan durasi waktu yang tergesa-gesa bisa kita bayangkan kualitasnya. Apakah pemilunya bisa berjalan, bisa, apakah kemudian bisa berjalan dengan berkualitas memastikan hak-hak pemilih itu yang dipertanyakan,” tukasnya. (Okezone)