Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Kepada Parpol

KPU-BANJARBARUKOTA.GO.ID, BANJARBARU — Kamis (16/11) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melaksanakan penyampaian hasil penelitian administrasi keanggotaan partai politik. Bertempat di Aula KPU Kota Banjarbaru, penyampaian hasil dilaksanakan sejak pukul 09.30 Wita dengan dihadiri oleh para petugas penghubung 14 (empat belas) partai politik (parpol) serta Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjarbaru.

Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Kepada Parpol
Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Kepada Parpol

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa yang menjadi titik awal adalah data yang telah diinput oleh masing-masing parpol. “Apa yang perlu diperhatikan adalah bahwa seluruh proses ini diawali dengan input data anggota oleh parpol. Dari data itulah langkah berikutnya dilaksanakan. Mudah-mudahan langkah selanjutnya juga bisa tetap ditindaklanjuti dengan baik oleh partai politik,” ujar Husein.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU Kota Banjarbaru, Fasih Wibowo menyampaikan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan oleh partai politik pasca menerima hasil penelitian administrasi. “Saat ini, seluruh partai politik memang memiliki hal-hal yang harus diperbaiki dalam masa pendaftaran yang akan berlangsung hingga tanggal 1 Desember 2017 mendatang. Parpol cukup melengkapi/atau memperbaiki data sebagaimana yang disampaikan, tidak perlu mengulang dari awal. Jika terdapat 10 data yang harus diperbaiki, maka pada data perbaikan nanti, cukup 10 data juga yang diserahkan,” papar Fasih sembari memberikan ilustrasi.

Sementara itu, KPU Kota Banjarbaru pada kesempatan yang sama menyampaikan dan menyerahkan salinan hasil penelitian administrasi kepada 12 (dua belas) partai politik di Kota Banjarbaru. 2 (dua) partai politik ditunda penyerahannya disebabkan bukan petugas penghubung partai yang menghadiri. Selain itu, terdapat 2 (dua) partai politik lainnya yang menunggu keputusan lebih lanjut dari KPU RI pasca pembacaan keputusan Bawaslu RI.

Pada kegiatan yang dipandu oleh Anggota KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ tersebut, KPU Kota Banjarbaru juga menampilkan ilustrasi audio visual pelaksanaan tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU Kota Banjarbaru. Yakni tahapan penerimaan salinan keanggotaan parpol sampai dengan berakhirnya tahapan penelitian admnistrasi.