Penjelasan Seputar Hasil Scan Formulir C1 Pilpres 2014

Pemilihan Umum Presiden & Wakil Presiden 13/07/2014
Sebagaimana diketahui, masyarakat luas bisa mengakses formulir C1 yang telah dipindai (scan) oleh petugas di KPU Kabupaten/Kota, termasuk oleh KPU Kota Banjarbaru. Publik dapat mengaksesnya melalui publikasi Formulir Model C1 dan lampirannya sebagaimana alamat berikut: pilpres2014.kpu.go.id/c1.php
Formulir C1 PPWP adalah model formulir yang dipergunakan dalam pencatatan hasil perolehan suara masing-masing pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) atau Pilpres 2014.
Sehubungan dengan adanya kemungkinan permasalahan yang ada pada formulir C1 yang telah dipindai (scanned) dan dikirimkan, maka disampaikan penjelasan sebagai berikut:
Berdasarkan Surat Edaran KPU Nomor 1341/KPU/VII/2014, pada poin ke-2 disebutkan:
Dalam hal KPU/KIP Kabupaten/Kota menerima formulir Model C, C1 dan lampiran C1 diketahui ternyata pengisiannya belum benar maka KPU/KIP Kabupaten/Kota tetap melakukan proses pindai/scan dan mengirimkan hasilnya seperti apa adanya.
Mengikuti edaran tersebut, sangat terbuka kemungkinan ditemukannya Formulir C, C1 dan lampiran C1 yang tidak benar pengisiannya pada data yang ditampilkan pada sistem KPU tersebut di atas.
Namun demikian, dapat ditegaskan dan disampaikan bahwa seluruh kesalahan yang ada telah dikoreksi dan dilakukan pembetulan sebagaimana mestinya, khususnya saat dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada tingkatan di atasnya, yakni di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berkedudukan di kelurahan.
Penjelasan Seputar Hasil Scan Formulir C1 Pilpres 2014
Para Saksi Menandatangani Hasil Rekapitulasi di tingkat PPS
Seluruh proses tersebut dilakukan dengan melibatkan –khususnya– para saksi dari masing-masing pihak peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 serta pengawas pemilu.
KPU Kota Banjarbaru dapat menegaskan, bahwa tidak ada yang dirugikan atas kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada pengisian formulir C, C1 dan lampiran C1 oleh petugas KPPS pada setiap TPS.
Publikasi formulir C1 beserta lampirannya tersebut merupakan salah satu usaha seluruh jajaran KPU dalam melaksanakan Pilpres 2014 secara transparan yang memungkinkan adanya pengawasan dari seluruh lapisan masyarakat.
KPU Kota Banjarbaru juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas segala masukan yang telah diterima sehubungan dengan hal terkait.
Hasil Rekapitulasi Tingkat PPS & PPK se-Banjarbaru
PPK se-Banjarbaru Laksanakan Rekapitulasi

ARSIP INFORMASI TERKAIT

Hasil Audit Dana Kampanye PPWP 2014 Kota Banjarbaru Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima hasil audit laporan Dana Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Kantor Akuntan Publik pada tanggal 4 September 2014 bertempat di kantor KPU. Hasil audit tersebut telah disampaikan kepada masing-masing Pasangan Calon dan Tim Kampanye pad...
Ketua DKPP: Hargai Proses Hukum di MK Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. Jimly Asshiddiqie menyampaikan agar seluruh pihak dapat menghargai proses hukum terkait hasil Pilpres 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK). "Sebaiknya kita percayakan saja pada proses yang berlangsung di lembaga yang secara konstitusional diamana...
Kapolres: Banjarbaru Kondusif Pasca Pilpres 2014 Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, AKBP Riko Sunarko menilai situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Banjarbaru kondusif pasca pemilihan calon presiden dan wakil presiden (Pilpres) tanggal 9 Juli 2014. "Sejak sebelum pilpres hingga saat ini, situasi kamtibmas di ...
Joko Widodo – Jusuf Kalla Ditetapkan Sebagai Presiden dan Wapres Terpilih Melalui Keputusan KPU Nomor 536/Kpts/KPU/Tahun 2014 tentang Penetapan Pasanan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, KPU Republik Indonesia menetapkan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presi...
Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara Nasional Pilpres 2014 Melalui Rapat pleno terbuka yang berlangsung tanggal 20– 22 Juli 2014 untuk melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilpres 2014 pada sebanyak 130 Panitia Pemilhan Luar Negeri (PPLN) di 96 negara dan 33 KPU Provinsi seluruh Indonesia, KPU RI telah melakukan Penetapan H...