PENGUMUMAN: Pendaftaran Relawan Demokrasi Banjarbaru

Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Program relawan demokrasi juga dilatarbelakangi oleh inflasi kualitas memilih. Tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas, sebagian pemilih kita terjebak dalam pragmatisme. Tidak semua pemilih datang ke TPS atas idealisme tertentu tetapi ada yang didasarkan pada kalkulasi untung rugi yang sifatnya material, seperti mendapatkan uang dan barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari. Pragmatisme pemilih ini sebagian disumbang oleh tingkat literasi politik yang relatif rendah, melemahnya kesukarelaan masyarakat (voluntarisme) dalam agenda pencerdasan demokrasi dan masifnya politik tuna ide dari kontestan pemilu.

Program Relawan Demokrasi melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 5 (lima) segmen pemilih strategis yaitu:
– Pemilih pemula
– Kelompok agama
– Kelompok perempuan
– Penyandang disabilitas ;dan
– Kelompok pinggiran (marjinal)

Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi itu dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosialpolitik berbangsa dan bernegara.

Program Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2014 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Info Pendaftaran Relawan Demokrasi di Kota Banjarbaru
Jumlah relawan yang direkrut: 25 (dua puluh lima) orang
Akhir masa pendaftaran: Kamis, 24 Oktober 2013
Waktu pendaftaran: Setiap hari kerja, Pukul 08-00 – 15.00 wita
Tempat pendaftaran: Media Center KPU Kota Banjarbaru

Beberapa kelengkapan (download)
Relawan Demokrasi Banjarbaru
Daftar Riwayat Hidup Relawan Demokrasi
Surat Pernyataan Relawan Demokrasi