Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol Pasca Putusan Bawaslu RI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru telah memulai pelaksanaan penelitian administrasi terhadap keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. Penelitian administrasi yang dilaksanakan kali ini adalah terhadap dokumen keanggotaan 3 (tiga) partai politik pasca putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol Pasca Putusan Bawaslu RI
Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol Pasca Putusan Bawaslu RI

Tiga parpol yang dokumen keanggotaannya diteliti pada masa ini adalah untuk Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Masa penelitian administrasi sendiri akan berlangsung hingga tanggal 30 November 2017 mendatang.

Selanjutnya, KPU Kota Banjarbaru akan menyampaikan hasil penelitian kepada masing-masing parpol pada 30 November – 1 Desember 2017, untuk kemudian dilakukan perbaikan oleh parpol jika diperlukan.

Sebelumnya, KPU Republik Indonesia telah menetapkan Keputusan KPU NomorĀ 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia. Keputusan tersebut adalah mengatur hal-hal terkait dengan pendaftaran 9 (sembilan) partai politik. KPU Kota Banjarbaru telah menindaklanjuti keputusan tersebut dengan menerima dokumen keanggotaan parpol di tingkat Kota Banjarbaru, untuk kemudian melakukan tahapan selanjutnya.