Pemilu 2019 Direncanakan pada 17 atau 24 April 2019

Pemungutan Suara
Pemungutan Suara
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia saat ini tengah mempersiapkan dua buah alternatif tahapan penyelenggaran pemilihan umum tahun 2019. Penyiapan dua alternatif ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi pembahasaan RUU Pemilu yang belum selesai dibahas oleh pemerintah dan DPR RI.

Pada kedua rancangan tahapan tersebut, KPU telah menjadwalkan hari pelaksanaan pemungutan suara untuk masing-masing alternatif. Kedua alternatif yang telah dipersiapkan tersebut adalah pada 17 April 2019 atau 24 April 2019.

Jika Rancangan Undang-Undang Pemilu (RUU Pemilu) berhasil disahkan, maka Pemilu 2019 bisa dilangsungkan pada 17 April 2019 secara serentak. Namun, apabila gagal dan harus menggunakan undang-undang yang lama, maka pemilu serentak dilangsungkan pada 24 April 2019. Demikian dijelaskan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi menyampaikan, “Kami mengajukan dua rancangan tersebut dalam rangka konsultasi. KPU siap menyelenggarakan pemilu dalam kondisi apapun, termasuk jika DPR dan pemerintah mengambil keputusan memakai UU lama.”