Pemilih dengan Disabilitas Lakukan Simulasi Pemilu 2014

Pemilih dengan Disabilitas Lakukan Simulasi Pemilu 2014

Bertempat di Aula Linggangan Kota Banjarbaru, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru dan dengan dukunga penuh Relawan Demokrasi Segmen Disabilitas Kota Banjarbaru melaksanakan program Sosialisasi Pemilu 2014 kepada pemilih dengan disabilitas se-Kota Banjarbaru pada Senin (31/3).

Selain mendapatkan paparan ringkas, kegiatan tersebut dilengkapi dengan simulasi pemungutan suara dan tanya-jawab seputar pelaksanaan Pemilu 2014.

Kegiatan tersebut mengumpulkan seluruh penyandang disabilitas di Kota Banjarbaru dari seluruh kategori/kelompok disabilitas.

Pada paparan awal, disampaikan secara ringkas tentang alur dan tata cara pemungutan suara pada Pemilihan Umum anggota DPR, DPD & DPRD yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 April 2014 mendatang. Paparan ringkas tersebut disampaikan oleh Muhammad Wahyu NZ, Komisioner KPU Kota Banjarbaru yang juga menjadi penanggung jawab Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih & Pengembangan SDM.

Pada kesempatan terpisah disampaikan Wahyu bahwa, “Pemilih dengan disabilitas juga memiliki hak politik yang sama sebagaimana pemilih lainnya. Hanya persoalan teknis bagaimana memberikan suara saja yang mungkin ada sedikit perbedaan. Namun perbedaan tersebut adalah dalam rangka menjamin hak-hak politik pemilih dengan disabilitas sebagai warga negara juga dapat dilaksanakan”.