Pemenang Lelang Ambil Kotak Suara Alumunium di KPU Kota Banjarbaru

Pemenang lelang BMN dalam bentuk kotak suara berbahan alumunium telah melakukan pengambilan objek lelang di KPU Kota Banjarbaru pada Sabtu (21/04) lalu. Objek lelang yang terdiri dari kotak suara alumunium dan berbagai perlengkapan lainnya tersebut sebelumnya telah dilelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin.

Pembongkaran Kotak Suara Alumunium di KPU Kota Banjarbaru
Pembongkaran Kotak Suara Alumunium di KPU Kota Banjarbaru

Pelelangan kotak suara bahan alumunium yang dilakukan oleh Sekretariat KPU Kota Banjarbaru kali ini adalah merupakan bagian dari penghapusan aset kotak suara tahap pertama, dan secara khusus untuk kotak suara yang telah dinyatakan dalam kondisi rusak.

Kepala Subbagian Umum Sekretariat KPU Kota Banjarbaru Jubaidi mengatakan bahwa pada tahap selanjutnya,  yakni penghapusan kotak suara berbahan alumunium lainnya, yang masih dalam kondisi bagus.

“Kotak suara berbahan alumunium ini memang sudah tidak bisa dipergunakan lagi pada penyelenggaraan Pemilu yang akan datang, karena spesifikasi dasarnya sudah tidak sesuai dengan kebutuhan sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang Pemilu, karena kotak suara ini bagian dalamnya tidak bisa dilihat dari luar sebagaimana amanat UU Pemilu,” ujar Jubaidi.

Sementara untuk penghapusan kotak suara tahap berikutnya, Jubaidi menambahkan pada saat ini Sekretariat KPU Kota Banjarbaru baru saja menyelesaikan tahapan pembongkaran. “Tanggal 18 April tempo hari pembongkaran sudah selesai dan jumlahnya jauh lebih banyak dari pada yang sudah dihapuskan. Untuk penghapusan ini, kembali kami akan melakukan lelang secara terbuka,” pungkas Jubaidi.