Pembentukan PPK & PPS Pemilu 2019 Menunggu Peraturan KPU

Tanggal 9 Januari 2018, hari Selasa kemarin, Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 salah satunya sudah memasuki pembentukan Badan Penyelenggara. Pada waktu yang akan datang, KPU Kota Banjarbaru sudah akan membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Banjarbaru.

Pembentukan PPK & PPS Pemilu 2019 Menunggu Peraturan KPU
Pembentukan PPK & PPS Pemilu 2019 Menunggu Peraturan KPU

Terkait pembentukan Badan Penyelenggara tersebut, KPU Kota Banjarbaru menyampaikan masih perlu menunggu terbitnya Peraturan KPU terkait. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi SDM KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ.

“Kami masih menunggu Peraturan KPU terkait Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS pada penyelenggaran Pemilu. Karena itulah landasan hukum yang bersifat teknis dan operasional dalam pembentukan PPK dan PPS se-Kota Banjarbaru,” ucap Wahyu.

Wahyu juga menambahkan, bahwa Peraturan KPU terkait sebelumnya sudah tidak dapat digunakan.  “Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2013 beserta seluruh perubahannya itu khusus untuk Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD tahun 2014. Tentu sudah out of date sehingga tidak bisa dijadikan landasan hukum untuk pembentukan PPK-PPS bagi Pemilu 2019 ini. Selain itu juga terdapat perbedaan-perbedaan antara penyelenggaraan Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 mendatang” urai Wahyu.

“Kita tunggu saja terbitnya peraturan KPU terkait. Bila sudah terbit, maka tentu kami di KPU Kota Banjarbaru kembali akan melakukan pembentukan dengan proses yang nantinya akan menyesuaikan dan mengikuti regulasi. Kita tentu berharap PPK dan PPS se-Kota Banjarbaru yang nanti akan dibentuk adalah memang yang terbaik, sehingga juga akan bagus untuk keseluruhan proses penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru,” pungkas Wahyu sembari sampaikan himbauan bagi publik untuk tetap mengikuti media-media resmi KPU Kota Banjarbaru yang akan mempublikasikan informasi terkait.