Partisipasi Pemilih Pilpres 2014 Meningkat Secara Absolut

Dibandingkan dengan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD pada 9 April 2014 lalu, maka pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan pada 9 Juli 2014 yang baru dilaksanakan, jumlah pengguna hak suara atau pemilih di Kota Banjarbaru secara absolut mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah pengguna hak suara secara absolut tersebut adalah 0,14%.

Secara khusus untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, tingkat Partisipasi pemilih di Kota Banjarbaru adalah mencapai 74% dari total 147.968 pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Berikut adalah uraian tingkat partisipasi khusus untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2104 pada tiap-tiap kecamatan di Kota Banjarbaru:

[table “14” not found /]

Berbanding dengan Pemilu Legislatif lalu, terjadi peningkatan partisipasi di wilayah Kecamatan Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara dan Landasan Ulin. Sementara penurunan terjadi di wilayah kecamatan Cempaka dan Liang Anggang.

Jika ditilik hanya dari tingkat parsitipasi pada tiap-tiap pemilu, maka pada Pileg lalu di Banjarbaru mencapai 76,02% sementara pada Pilpres 2014 kali ini mencapai 73,58%. Namun secara absolut, terjadi peningkatan dikarenakan terjadi peningkatan jumlah pemilih dan juga peningkatan jumlah pengguna hak pilih di Kota Banjarbaru.