Partisipasi Pemilih Diharapkan Meningkat

Ir. Hermansyah
Ir. Hermansyah

Tingkat paritipasi pemilih di Kalimantan Selatan pada Pemilihan Umum 2014 diperkirakan tak akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Perkiraan itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalsel Hermansyah. “Saya memperkirakan partipasi pemilih di provinsi ini pada Pemilu 2014 tak mengalami kenaikan atau tetap sekitar 70 persen,” tandasnya.

“Memang kita berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 meningkat. Tapi kalau tetap 70 persen itupun sudah cukup baik,” lanjut mantan Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kalsel itu.

Ia memperkirakan, faktor dominan yang memengaruhi patisipasi pemilih itu, antara lain karena sikap apatis serta ekonomi yang membuat sebagian warga tak melakukan pilihan dalam pesta demokrasi.

“Sikap apatis tersebut, umumnya dari kalangan mahasiswa. Sedangkan faktor ekonomi terjadi di daerah perdesaan, misalnya mereka lebih baik menyadap karet untuk cari duit daripada datang ke tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.

Oleh sebab itu, Kesbangpol Kalsel bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), terus mensosialisasikan arti penting partisipasi masyarakat pemilih dalam pemilu.

“Selain itu, kita minta para pimpinan partai politik agar terus memberikan pendidikan politik secara baik dan benar, seperti halnya paritipasi pemilih pada pemilu,” lanjutnya.

“Begitu pula partisipasi masyarakat secara umum, kita berharap pelaksanaan Pemilu 2014 yang bersamaan dengan pemilihan pasangan presiden-wakil presiden berjalan lancar, aman dan sukses,” demikian Herman. (Banjarmasin/Antara)