Partisipasi Pemilih Banjarbaru Lampaui Target Nasional

Angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014 di Kota Banjarbaru mencapai 76,02%. Tingkat partisipasi tersebut melampaui target nasional yang telah ditetapkan oleh KPU RI yakni sebesar 75%. Tingkat partisipasi ini didapatkan setelah KPU Kota Banjarbaru melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat Kota Banjarbaru.

Partisipasi Pemilih di Kota Banjarbaru Berdasarklan DPT
Partisipasi Pemilih di Kota Banjarbaru Berdasarklan DPT

Tingkat partisipasi pemilih di Kota Banjarbaru terdapat dalam dua varian, yakni menyesuaikan dengan dua komponen daftar pemilih. Yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Tingkat partisipasi sebesar 76,02% tersebut adalah jika dibandingkan dengan DPT.

Bila kehadiran pemilih di TPS dibandingkan dengan DPT dan DPK sekaligus, maka tingkat partisipasi pemilih di Kota Banjarbaru mencapai 75,06%. Capaian ini masih melebihi target nasional.

ingkat Partisipasi Pemilih di Kota Banjarbaru Berdasarkan DPT & DPK
ingkat Partisipasi Pemilih di Kota Banjarbaru Berdasarkan DPT & DPK

Karenanya, KPU Kota Banjarbaru menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pemilih yang telah berpartisipasi dan menggunakan hak suaranya.

Cukup tingginya tingkat partisipasi pemilih di Kota Banjarbaru ini diyakini oleh KPU Kota Banjarbaru tidak terlepas dari dukungan dan kontribusi dari banyak pihak. Baik peserta pemilu, berbagai komponen masyarakat, media massa serta pemerintah.