Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres pada Pilpres 2014

Melalui sebuah Rapat pleno terbuka yang dimulai pukul 14.00 WIB, bertempat di Ruang Sidang Utama lantai 2 Gedung KPU Pusat Jalan Imam Bonjol No. 29, Menteng, Jakarta Pusat, Komisi Pemilihan Umum telah melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 mendatang.

Undian dilakukan dalam dua tahap, pertama untuk penentuan urutan pengambilan nomor dan kedua adalah untuk pengambilan nomor urut pasangan yang kemudian ditetapkan menjadi nomor urut pasangan secara resmi.

Kedua pasangan Capres-Cawapres yang telah ditetapkan KPU, Sabtu (31/5) lalu, yaitu Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, berhadir langsung dalam pengambilan nomor urut tersebut,dengan masing-masing didampingi oleh para pengusung dan pendukung.

Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres RI pada Pilpres 2014 | Foto: KPU[/caption]Berdasarkan hasil pengambilan nomor urut, maka kemudian ditetapkan oleh KPU bahwa secara resmi nomor urut pasangan Capres-Cawapres pada Pilpres 2014 adalah sebagai berikut:

  • Prabowo Subianto-Hatta Rajasa : Nomor Urut 1
  • Joko Widodo-Jusuf Kalla : Nomor Urut 2

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, nomor urut tersebut digunakan, antara lain untuk keperluan logistik Pilpres, seperti pencetakan surat suara. “Pengundian dan penetapan nomor urut ini digunakan sebagai dasar penyusunan surat suara pilpres,” kata Husni. (KPU | KPU-BJB | ANT)