Mulai Hari Ini KPU Laksanakan Penelitian Faktual Administrasi

Terhitung mulai hari ini, Kamis (2/11), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melaksanakan penelitian faktual administrasi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan penelusuran secara langsung atas data keanggotaan partai politik di Kota Banjarbaru yang telah diserahkan pada tahapan penerimaan salinan dokumen keanggotaan partai politik beberapa waktu lalu.

Verifikasi Faktual Administrasi KPU Kota Banjarbaru
Verifikasi Faktual Administrasi KPU Kota Banjarbaru
Ketua Divisi Teknis KPU Kota Banjarbaru, Fasih Wibowo menyampaikan bahwa penelitian faktual administrasi ini khusus untuk kegandaan anggota partai politik dan memenuhi syarat atau tidaknya seseorang menjadi anggota partai politik. “Untuk yang tercatat sebagai anggota pada dua atau lebih parpol, maka kita konfirmasi keanggotaannya pada yang bersangkutan. Apakah benar menjadi anggota parpol dan pada parpol apa. Hanya satu pilihan parpol saja,” terang Fasih.

Fasih juga menambahkan, “Selain itu, KPU juga melakukan penelitian atas data keanggotaan yang tidak memenuhi syarat berdasarkan salinan identitasnya. Misalnya belum berusia 17 tahun, atau PNS, atau TNI/Polri. Mungkin saja seseorang belum berusia 17 tahun, tapi ternyata sudah menikah namun pada salinan KTP status itu belum berubah.”

Sementara itu, Kepala Subbagian Hukum Sekretariat KPU Kota Banjarbaru, Wahyudiansyah menyampaikan bahwa untuk tahap pertama KPU Banjarbaru berkonsentrasi pada wilayah Kecamatan Cempaka. “Secara keseluruhan pada wilayah Kecamatan Cempaka terdapat 117 orang yang harus diteliti secara faktual datanya. Meliputi keanggotaan ganda dan persyaratan sebagai anggota parpol,” ujar Yudi.

Secara keseluruhan, tahap penelitian administrasi di tingkat Kota Banjarbaru akan berakhir pada 15 November 2015 mendatang.