MENDAGRI: Kemendagri dan Pemerintah Daerah Siap Membantu

 Ia menekankan, apapun yang diminta penyelenggara pemilu, akan dibantu pemerintah. Agar bantuan ini tidak disalahpahami dan dicurigai, KPU harus berkoordinasi dulu dengan pemerintah.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menegaskan Pemerintah dari pusat sampai daerah akan terus memberi dukungan kepada penyelenggara pemilu demi suksesnya proses Pemilu 2014 yang demokratis. Hal tersebut disampaikan Gamawan Fauzi kepada wartawan usai mengisi Rakornas Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2014 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Gamawan Fauzi
Jangan sampai, pemerintah bekerja sebelum diminta, karena akan memunculkan kesan pemerintah mengintervensi proses pemilu.

“Kita sepakat harus ada permintaan KPU ke pemerintah. Karenanya, koordinasi dan sinkronisasi sangat diperlukan. Saya katakan tadi, sinkronisasi dan sinergi pemerintah dan penyelenggara pemilu penting,” bebernya.

Jika koordinasi KPU dan Pemerintah tingkat pusat sudah jelas, Kemendagri bersama Pemerintah Daerah akan turun membantu.

Menurut Gamawan, bantuan Pemerintah di semua tingkatan dalam mendukung proses Pemilu 2014 berjalan baik, misalnya membuat banner, baliho, spanduk, soal jadwal pemilihan dan sebagainya. Ia memastikan anggaran itu bisa dikeluarkan Pemerintah Daerah. (tribunnews)