Mempelajari Pemilu di RPP Rakat Banjarbaru

Belajar Pemilu di RPP RAKAT KPU Kota Banjarbaru
Belajar Pemilu di RPP RAKAT KPU Kota Banjarbaru
Kamis 3/8 lalu para pelajar di Kota Banjarbaru pelajari Pemilihan Umum (Pemilu) di fasilitas Rumah Pintar Pemilu (RPP) Suara Rakyat (RAKAT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru. Para pelajar yang terdiri dari siswa/siswi SMA/SMK/MA tersebut merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah yang terdapat di Kota Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut, para pelajar pada awalnya diberikan informasi tentang sejarah penyelenggaraan pemilu di Indonesia, serta penyelenggaraan Pilkada di Kota Banjarbaru. Informasi yang disampaikan dalam bentuk audio visual tersebut ditayangkan pada fasilitas ruang audio visual RPP RAKAT.

Setelah menyaksikan tayangan audio visual, para pelajar tersebut kemudian diberikan kesempatan untuk mengetahui ragam hal tentang kepemiluan melalui informasi yang diberikan pada ruang display yang dimiliki oleh RPP Rakat Banjarbaru.

Simulasi Pemilihan oleh Pelajar. RPP RAKAT Banjarbaru.
Simulasi Pemilihan oleh Pelajar. RPP RAKAT Banjarbaru.
Dengan dipandu oleh Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ, para pelajar tidak hanya diajak untuk mendapatkan informasi tentang kepemiluan, namun juga dapat merasakan pengalaman dalam hal memberikan suara pada sebuah pemilihan.

“Karena kawan-kawan ini pada Pemilu 2019 mendatang sudah akan menjadi pemilih. Oleh sebab itu, selain mengetahui tata cara memilih, kawan-kawan pelajar ini juga diharapkan memahami bahwa peran serta mereka sebagai individu yang memiliki hak pemilih akan miliki pengaruh terhadap negara dan daerah,” papar Wahyu.

“Dalam simulasi pemilihan yang dilaksanakan, ada dua substansi yang coba disampaikan. Yakni tentang pembuatan keputusan serta menentukan pilihan. Kedua substansi itu tergambar pada pilihan yang tersedia pada pemilihan yang kawan-kawan pelajar tersebut lakukan,” tambah Wahyu.