Madihin Digital Turut Sosialisasikan Pilkada Banjarbaru Tahun 2015

“Madihin Digital” yang merupakan salah satu kreasi anak-anak muda pegiat budaya di Kota Banjarbaru, digunakan oleh KPU Kota Banjarbaru sebagai salah satu media sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam penyelenggaraan Pilkada Kota Banjarbaru tahun 2015. Madihin digital adalah kreasi seni yang berangkat dan divariasikan dari seni tradisional madihin.

Konsep pengembangan seni tradisional madihin ini dipilih sebagai salah satu media sosialiasi dan pendidikan pemilih untuk menyampaikan pesan-pesan Pilkada Kota Banjarbaru tahun 2015. “Madihin sudah begitu dikenal, dan kesenian ini dapat menyampaikan pesan-pesan dengan menarik dan mudah, mengingat konsep dasar kesenian ini adalah seni tutur,” ungkap Mhd Wahyu NZ, penanggung jawab Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kota Banjarbaru.

Madihin Digital Turut Sosialisasikan Pilkada Banjarbaru Tahun 2015
Madihin Digital Turut Sosialisasikan Pilkada Banjarbaru Tahun 2015

Pada setiap pementasan, generasi muda pamadihinan ini menyampaikan pesan-pesan terkait Pilkada 2015 yang antara lain adalah, hari dan waktu pemilihan, cara pemilihan, dan pesan-pesan menjadi pemilih cerdas sebagai pesan utama yang selalu digaungkan oleh KPU Kota Banjarbaru.

Selain madihin, KPU Kota Banjarbaru juga menggunakan kesenian bapandung sebagai salah satu media sosialisasi. Pementasan seni budaya ini dilakukan pada tingkat kecamatan di Kota Banjarbaru, dan berhasil menarik minat masyarakat, yang secara langsung juga mendapatkan hiburan tersendiri.