KTP Lama Paling Banyak Dijumpai dalam Penelitian Administrasi

Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol
Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol
Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru tengah melaksanakan penelitian administrasi atas data salinan keanggotaan partai politik di Kota Banjarbaru, yang telah diserahkan oleh partai politik pada tahapan penerimaan dokumen kelengkapan beberapa hari lalu.

Sampai berjalannya penelitian administrasi hingga hari ini, Jumat (20/10), KPU Kota Banjarbaru telah mencatat sejumlah permasalahan yang paling sering dijumpai. “Sampai saat ini, yang paling banyak dijumpai adalah penggunaan salinan kartu tanda penduduk (KTP) yang lama, atau bukan KTP elektronik,” ucap Rizal, staf pelaksana Subbagian Hukum Sekretariat KPU Kota Banjarbaru, yang juga menjadi salah seorang petugas penelitian.

Rizal juga menambahkan, bahwa selain penggunaan KTP yang lama, juga sering dijumpai salinan KTP yang sudah tidak jelas, dan bahkan tidak bisa dibaca sama sekali. “Ya mungkin karena persolan teknis waktu foto copy, sehingga menjadi tidak jelas hasilnya. Namun tetap itu semua kita catat, dan kategorisasikan permasalahannya.”

“Selain persoalan KTP lama dan salinan yang kurang jelas. Sampai dengan saat ini juga sudah ditemukan adanya keanggotaan ganda. Baik ganda dalam partai politik, maupun ganda antar partai politik. Untuk yang ganda antar partai politik ini akan dilakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan, apakah hanya menjadi anggota salah satu partai saja atau tidak,” pungkas Rizal.