KPU Tetapkan Dapil Anggota DPRD Kota Banjarbaru Tahun 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota pada setiap provinsi dalam Pemilihan Umum tahun 2019.

Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kota Banjarbaru Pemilu 2019
Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kota Banjarbaru Pemilu 2019

Secara khusus untuk Provinsi Kalimantan Selatan, penetapan tersebut dilakukan melalui Keputusan KPU Nomor 285/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Termasuk dalam Keputusan KPU tersebut adalah Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Banjarbaru pada Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ pada Sabtu (07/04). “Dapil Anggota DPRD Kota Banjarbaru diputuskan bersamaan dengan Dapil Anggota DPRD Kabupaten/Kota lainnya se-Kalimantan Selatan, dalam sebuah keputusan KPU Nomor 285 tertanggal 4 April 2018,” ujar Wahyu.

“Penataan dan penetapan Dapil ini melalui sebuah proses yang bertahap dan berjenjang, hingga pada akhirnya diputuskan dan ditetapkan oleh KPU RI dengan berdasarkan usulan yang telah disampaikan oleh KPU Kota Banjarbaru. Untuk Pemilu Anggota DPRD Kota Banjarbaru sendiri telah ditetapkan menjadi 4 (empat) Dapil atau sama sebagaimana Pemilu 2014 lalu,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan, “Dengan telah ditetapkannya Dapil ini maka salah satu tahapan Pemilu 2019 telah selesai. Yakni tahapan Penataan dan Penetapan Dapil, yang berawal pada 17 Desember 2017, dan berakhir pada 5 April 2018. Kita bersyukur, bahwa tahapan ini juga berjalan dengan baik. Demikian pula harapannya untuk kegiatan tahapan-tahapan Pemilu 2019 lainnya, baik yang sedang berjalan, maupun yang akan dilakukan.”

Unduh selengkapnya:
Keputusan KPU Nomor 285/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018