KPU Sosialisasikan Gerakan Sadar Pemilu & Tahapan

Ahad (12/11) pagi, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ, menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjarbaru. Kegiatan yang dilaksanakan di Favehotel Banjarbaru tersebut juga menghadirkan Komisioner Panwaslu Kota Banjarbaru, Normadina.

KPU Banjarbaru Sosialisasikan Gerakan Sadar Pemilu
KPU Banjarbaru Sosialisasikan Gerakan Sadar Pemilu

Dihadapan sekitar 50 (lima puluh) peserta sosialisasi yang berhadir, Mhd Wahyu NZ sampaikan Gerakan Sadar Pemilu serta Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019. Pada paparannya, Wahyu uraikan 7 (tujuh) poin utama yang ada dalam Gerakan Sadar Pemilu. “Gerakan yang diprakarsai KPU ini diharapkan menjadi gerakan sosial berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Pemilu” demikian Wahyu.

Selain itu, untuk paparan mengenai tahapan Pemilu, Wahyu paparkan pokok-pokok Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019. “Saat ini, KPU Banjarbaru berada dalam tahap penelitian administrasi atas salinan dokumen keanggotaan partai politik calon peserta pemilu yang telah diserahkan kepada KPU. Termasuk didalamnya melakukan penelitian faktual administrassi atas kegandaan anggota, dan anggota yang tidak memenuhi syarat,” jelas Wahyu sembari memperlihatkan dokumentasi pelaksanaan tahapan.

Usai pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut, Mhd Wahyu NZ menyampaikan, “KPU dan Panwaslu ini adalah sama-sama penyelenggara Pemilu. Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Panwaslu. KPU, Panwaslu, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu memiliki kewajiban yang sama untuk turut mensukseskan penyelenggaraan pemilu.”