KPU RI Tetapkan Perolehan Kursi, Calon Terpilih Anggota DPR & DPD

Jakarta, kpu.go.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR dan DPD Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, di Ruang Sidang Utama KPU RI, Rabu (14/5). Selain dihadiri oleh Ketua dan seluruh komisioner KPU, hadir pula perwakilan dari Partai Politik (parpol) peserta pemilu, Bawaslu RI, DKPP, DPR RI, Kemendagri, Kemenkopolhukam, TNI, Polri, dan saksi DPD.

KPU RI Tetapkan Perolehan Kursi Calon Terpilih Anggota DPR & DPD
KPU RI Tetapkan Perolehan Kursi Calon Terpilih Anggota DPR & DPD

KPU menetapkan sebanyak 560 anggota DPR terpilih, dan 132 anggota DPD terpilih yang dalam lima tahun ke depan akan menjabat sebagai wakil rakyat. Penetapan tersebut disahkan setelah Ketua KPU Husni Kamil Manik membacakan Surat Keputusan KPU RI Nomor 416/kpts/KPU/2014 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR, sedangkan penetapan calon DPD terpilih berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 417/kpts/ KPU/Tahun 2014.

Dalam penutupan acara rapat pleno terbuka itu, Husni Kamil Manik berharap kepada anggota DPR dan DPD terpilih dapat mengemban amanat rakyat dengan baik dan dapat membawa Indonesia kearah yang lebih baik.

“Kami atas nama Pimpinan KPU baik tingkat pusat maupun seluruh jajaran sampai tingkat PPS menyampaikan ucapan selamat atas perolehan kursi dan atas penetapan calon terpilih. Semoga calon terpilih dapat mengemban amanat ini dengan baik dan mampu mebawa Indonesia menjadi lebih kedepan,” ujar Husni menutup Rapat Pleno.

KPU sebagaimana disampaikan oleh Husni, merasa bersyukur atas lancarnya proses rapat pleno terbuka tanpa adanya keberatan baik dari saksi parpol, saksi DPD ataupun Bawaslu RI.