KPU Mulai Persiapkan Pelaksanaan Penelitian Faktual Administrasi

Sampai dengan hari ini, Sabtu (25/11), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru terus melanjutkan tahapan penelitian administrasi terhadap data keanggotaan 3 (tiga) partai politik yang telah menyerahkan salinan dokumen keanggotaannya pasca putusan Bawaslu RI. Pelaksanaan penelitian administrasi lanjutan ini sendiri telah dimulai pada Kamis (23/11) lalu.

Penelitian Administrasi Lanjutan Anggota Parpol
Penelitian Administrasi Lanjutan Anggota Parpol

Komisioner KPU Kota Banjarbaru Fasih Wibowo menyampaikan bahwa pada hari ini (Sabtu, 25/11) diharapkan penelitian administrasi sudah dapat diselesaikan. “Kita rencanakan bahwa pada hari ini sudah bisa selesai. Kemudian kita akan langsung melaksanakan penelitian faktual administrasi atau ke lapangan, untuk melakukan verifikasi terhadap data keanggotaan yang ganda dan tidak memenuhi syarat,” ujar Fasih.

“Pada hari ini kami sudah melakukan rekapitulasi hasil penelitian yang dilaksanakan secara administratif. Untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing tim agar efektif dan efisien saat melaksanakan penelitian faktual administrasi di lapangan,” tambah Komisioner Ketua Divisi Teknis KPU Kota Banjarbaru tersebut.

Sebagaimana diketahui, bahwa sebelumnya KPU Kota Banjarbaru telah menerima dokumen keanggotaan dari 3 partai politik pasca putusan Bawaslu RI. Ketiga partai politik tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). 3 parpol tersebut adalah bagian dari 9 parpol yang terkait dengan putusan Bawaslu RI.