KPU Lakukan Simulasi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2015

Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Komisioner KPU Republik Indonesia, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, menyampaikan bahwa pihak KPU RI telah mensimulasikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2015. Tahapan yang disimulasikan adalah mulai dari pendaftaran bakal calon hingga pemungutan suara putaran kedua.

Namun Ferry juga menambahkan bahwa KPU belum memutuskan dalam pleno, waktu pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2015. Hany disampaikan kepastian bahwa Pilkada Serentak 2015 akan dilaksanakan pada hari Rabu pada pekan kedua. KPU mempertimbangkan pemungutan suara pada Rabu agar partisipasi pemilih tinggi jika dilaksanakan di tengah pekan.

Selain itu, Ferry juga menyampaikan 3 (tiga) alternatif waktu yang telah disimulasikan oleh KPU. “Ada tiga skenario yang kami rencanakan. Saya tawarkan 9 September 2015, 7 Oktober 2015 dan 11 November 2015,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014).

Sehubungan dengan hal itu, pada 2015 juga akan dilaksanakan Pemilihan Walikota Banjarbaru. Pelaksanaan Pilkada Kota Banjarbaru 2015 akan bersamaan dengan Pilkada Provinsi Kalimantan Selatan dan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Kalsel.