KPU Kota Banjarbaru Verifikasi Kepengurusan BERKARYA dan GARUDA

Tepat mengawali tahun 2018, yakni pada Senin 1 Januari 2018 hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melakukan verifikasi faktual atas kepengurusan dan status kantor terhadap 2 (dua) partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. Kedua partai politik (parpol) tersebut adalah Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Berkarya dan Garuda
Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Berkarya dan Garuda

Verifikasi faktual kepengurusan kedua parpol tersebut adalah sesuai dengan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 806/PL.01.1-SD/03/KPU/XII/2017 tentang Verifikasi Faktual Partai Gerakan Perubahan Indonesia dan Partai Berkarya, untuk melaksanakan Putusan Badan Pengawas Pemilu Nomor 001/PS.REG/BAWASLU/XII/2017 dan Nomor 002/PS.REG/BAWASLU/XII/2017.

Masing-masing Tim Verifikator yang terdiri dari Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Banjarbaru secara keseluruhan telah menyelesaikan verifikasi faktual terhadap kedua parpol lebih kurang pada pukul 12.00 Wita siang. “Tahap selanjutnya adalah KPU Kota Banjarbaru akan melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan masing-masing parpol. Seluruh hasilnya akan dilaporkan kepada KPU RI sebagai salah satu dasar bagi KPU RI memutuskan apakah parpol tersebut memenuhi syarat dan lolos menjadi peserta Pemilu 2019 atau tidak,” ujar Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Banjarbaru lainnya, Mhd Wahyu NZ dihadapan pengurus parpol kembali menyampaikan mekanisme pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan. “KPU Banjarbaru akan berusaha maksimal untuk menemui anggota parpol, untuk kemudian diverifikasi guna membuktikan kebenaran dan keabsahannya. Kita akan minta data dukung pada yang bersangkutan. Bahwa kemudian petugas KPU tidak dapat menjumpai anggota parpol, maka akan ada mekanisme menghadirkan anggota parpol yang tidak dapat dijumpai tersebut. Namun itu adalah langkah terakhir,” papar Wahyu.

Pada pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan terhadap kedua parpol hari ini, KPU Kota Banjarbaru juga turut didampingi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru.