Kunjungi Langsung, KPU Kota Banjarbaru Verifikasi Anggota Parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru telah memulai pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. Verifikasi ini dilakukan terhadap keanggotaan dua partai politik, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik
Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik

Verifikasi keanggotaan parpol ini dilaksanakan dengan cara mengunjungi langsung anggota yang tercatat, sebagaimana dalam salinan data keanggotaan yang telah diserahakan oleh partai politik.

“Pada intinya, kita melakukan konfirmasi secara langsung kepada mereka yang namanya tercatat sebagai anggota partai politik, apakah benar seseorang tersebut anggota partai yang bersangkutan,” ujar Husein Abdurahman, Ketua KPU Kota Banjarbaru.

Husein menambahkan, bahwa pada pelaksanaan verifikasi faktual hari ini, sampai dengan sore hari, secara umum berjalan dengan lancar. “Pelaksanaan dari sisi KPU Banjarbaru, alhamdulillaah lancar. Dokumen siap, tim juga sudah berjalan sebagaimana perencanaan. Kendala hanya ada pada sisi anggota parpol yang mungkin tidak bisa ditemui. Namun sudah ada mekanisme terkait hal seperti ini,” Jelas Husein lagi.

“Sebelumnya, KPU Kota Banjarbaru juga telah melaksanakan verifikasi faktual atas kepengurusan dan status kantor tetap partai politik yang sama, yakni Perindo dan PSI. Untuk Partai Republik, kami masih menunggu informasi dari KPU RI, apakah partai yang bersangkutan dapat lanjut ke tahapan faktual atau tidak,” pungkas Husein.