KPU Kota Banjarbaru Mulai Laksanakan Verifikasi Faktual Parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini (Sabtu, 16/12) mulai melaksanakan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. Verifikasi ini dimaksudkan untuk memeriksa kebenaran dan keabsahan dokumen yang telah diserahkan oleh partai politik kepada KPU, terkait dengan kepengurusan, kantor, dan keanggotaan.

Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru
Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman menyampaikan bahwa KPU Kota Banjarbaru memang telah memutuskan untuk melaksanakan tahapan verifikasi faktual sejak hari ini, Sabtu (16/12). “Tahapannya sendiri sebenarnya adalah sejak kemarin, Jumat tanggal 15 Desember hingga nanti 4 Januari 2018. Banjarbaru memutuskan untuk memulainya pada hari ini.”

“Pada hari ini, kita telah membagi tim untuk melaksanakan verifikasi faktual, yakni untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan untuk Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Kawan-kawan juga antusias untuk ikut terlibat. Alhamdulillah kawan-kawan dari Panwaslu juga antusias untuk mengikuti,” ujar Husein.

Pada tahap pertama ini, KPU Kota Banjarbaru akan melaksanakan verifikasi faktual terhadap dua partai politik saja, yakni PSI dan PERINDO. Kedua parpol ini adalah yang memiliki kepengurusan di Kota Banjarbaru dan dinyatakan telah memenuhi syarat dalam penelitian administrasi yang dilakukan oleh KPU.

“Untuk tahap berikutnya, KPU Kota Banjarbaru akan menunggu informasi dari KPU RI terkait parpol yang menyerahkan dokumennya pasca putusan Bawaslu RI, untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual yang sama. Tentu jika partai tersebut telah dinyatakan oleh KPU RI memenuhi syarat sehingga bisa mengikuti verifikasi faktual,” pungkas Husein.