KPU Kota Banjarbaru Mintakan Keterangan Status Hukum Caleg Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada Jumat (26/9) telah mengirimkan surat kepada sejumlah lembaga penegak hukum di Kota Banjarbaru, yakni Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjarbaru, Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, dan Pengadilan Negeri (PN) Kota Banjarbaru.

Kepada ketiga lembaga tersebut, KPU Kota Banjarbaru meminta informasi dan keterangan tentang status hukum calon terpilih, secara khusus adalah mengenai ada atau tidak adanya Calon Anggota DPRD Kota Banjarbaru Terpilih pada Pemilu 2014 yang berstatus tersangka dan sedang menjalani proses hukum terkait tindak pidana korupsi (tipikor).

KPU Kota Banjarbaru juga telah mengirimkan data 30 (tiga puluh) Caleg DPRD Kota Banjarbaru Terpilih ketiga lembaga penegak hukum tersebut. Informasi tersebut diharapkan sudah didapatkan sebelum pengambilan sumpah/janji DPRD Kota Banjarbaru pada 9 Oktober 2014 mendatang.

DPRD Kota Banjarbaru
DPRD Kota Banjarbaru

Permintaan tersebut terkait dengan kemungkinan penundaan peresmian atau pengambilan sumpah/janji Calon Anggota DPRD Kota Banjarbaru terpilih yang bersangkutan jika memang secara resmi telah berstatus tersangka dan tengah menjalani proses hukum terkait tipikor.