KPU Kota Banjarbaru Hadiri Peluncuran “Sasirangan Polda Kalsel”

Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ pada Jumat (06/04) sore menghadiri kegiatan peluncuran secara resmi Layanan berbasis Aplikasi Sasirangan oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, di Banjarmasin. Peluncuran layanan tersebut dilakukan secara langsung oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana, dengan didampingi oleh perwakilan Pemrov Kalsel, Kemenpan-RB, Ombudsman Kalsel, dan tokoh masyarakat.

Peluncuran Aplikasi Sasirangan Polda Kalsel
Peluncuran Aplikasi Sasirangan Polda Kalsel

“Aplikasi ini berisikan berbagai kegiatan pelayanan kepolisian untuk memudahkan masyarakat Kalsel nantinya,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana.

Menurut Rachmat, aplikasi “Sasirangan” merupakan inovasi dari Polda Kalsel yang berbasis teknologi informasi, sehingga hanya dengan genggaman handphone masyarakat bisa mendapatkan pelayanan.

Penamaan aplikasi SASIRANGAN dimaksudkan untuk mengangkat budaya khas daerah Kalimantan Selatan, yakni kain sasirangan. Selain itu, juga diartikan sebagai akronim dari “Selalu Aktif dan Siaga, Rakyat Senang dan Nyaman.”

Atas nama KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ menyampaikan ucapan selamat kepada Polda Kalsel beserta seluruh jajaran kepolisian di Kalimantan Selatan atas peluncuran layanan ini. “Semoga layanan ini akan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, terlebih lagi saat ini, dimana penggunaan beragam layanan yang bersifat daring seolah sudah tak bisa dihindari.  Adalah hal yang keren, saat kepolisian juga beradaptasi dengan perkembangan ini. Selamat!” ucap Wahyu.

SASIRANGAN adalah aplikasi berbasis Web dan Android dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan yang memiliki sejumlah fitur, yakni: Pengaduan Online, SKCK Online, SP2HP Online, Perijinan, Pengawalan, Informasi dan Layanan Kepolisian, Peta Kantor Polisi, serta Tombol Darurat.

Pengguna android dapat mengunduh aplikasi SASIRANGAN melalui play store.