KPU Banjarbaru Sampaikan 3 Hal Utama dalam Rakor Pembentukan Adhoc

Rabu (24/01) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Badan Penyelenggara Adhoc Pemilu Tahun 2019. Rakor yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kalimantan Selatan tersebut dihadiri oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Komisioner KPU Kalsel Membuka Rakor Pembentukan Badan Adhoc
Komisioner KPU Kalsel Membuka Rakor Pembentukan Badan Adhoc

Pada pelaksanaan Rakor yang secara resmi dibuka oleh Komisioner KPU Provinsi Kalsel Nurkholismajid tersebut, KPU Kota Banjarbaru diwakili oleh Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM)  Mhd Wahyu NZ, serta Kepala Subbagian Program & Data Sekretariat KPU Kota Banjarbaru Nelly Arisanti.

Pada sesi paparan dan diskusi terkait pembentukan badan penyelenggara adhoc yang dipandu oleh Komisioner KPU Kalsel Masyitah Umar, Mhd Wahyu NZ sampaikan 3 (tiga) hal utama yang menjadi substansi dalam pembentukan badan adhoc di Kota Banjarbaru. “Ketiga hal yang menjadi substansi tersebut adalah pelaksanaan tahapan pembentukan, regulasi, dan anggaran. Terkait ketiga hal tersebut diperlukan pensikapan tersendiri,” papar Wahyu.

Wahyu juga menyampaikan bahwa pada prinsipnya KPU Kota Banjarbaru sudah siap melaksanakan pembentukan badan penyelenggara adhoc, yakni PPK dan PPS di Kota Banjarbaru. Hal tersebut ditandai dengan sudah dipublikasikannya pengumuman terkait melalui beragam media dan dalam berbagai format. “Hanya saja, baru untuk Pemilu 2019 inilah Banjarbaru memiliki pengalaman melakukan rekrutmen PPS melalui seleksi terbuka. Proses ini yang berbeda dengan Pemilu maupun Pilkada sebelumnya di Banjarbaru,” ucap Wahyu.

“Hal lain yang jangan sampai terlupakan adalah, saat kita membentuk PPK/PPS, maka tentu juga akan membentuk Sekretariat PPK/PPS yang masa kerjanya bersamaan dengan PPK/PPS. Oleh sebab itu KPU Kota Banjarbaru sudah mengagendakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Kota Banjarbaru tentang hal tersebut,” papar Wahyu.

Sebagaimana telah diumumkan, KPU Kota Banjarbaru dijadwalkan membuka pendaftaran calon anggota PPK pada 25-31 Januari 2018, dan pendaftaran calon anggota PPS pada 6-12 Februari 2018. Sesuai dengan tahapan yang direkomendasikan oleh KPU Provinsi Kalimantan Selatan.