KPU Banjarbaru Evaluasi Tahapan Pilkada Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru akan mengevaluasi rencana tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Walikota Banjarbaru Tahun 2015. Hal tersebut dilakukan seiring dengan terbit dan berlakunya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.
“Kami akan evaluasi tahapan Pilkada Banjarbaru 2015. Hal tersebut untuk menyesuaikan dengan adanya sejumlah hal baru sebagaimana tersebutkan pada Perppu Pilkada”, jelas Hegar W Hidayat, Komisioner KPU Kota Banjarbaru.
Penanggung jawab Divisi Perencanaan, Anggaran, dan logistik KPU Kota Banjarbaru tersebut juga menambahkan, “Perencanaan yang telah selesai dibuat KPU Banjarbaru adalah beradasarkan pada aturan lama. Sehingga dengan adanya aturan yang baru ini mau tidak mau harus disesuaikan, kalau tidak dikatakan perencanaan yang telah dibuat tersebut terganggu.”
Hegar kemudian mencontohkan, “Adanya tahapan Pendaftaran Bakal Calon dan tahapan Uji Publik, kedua hal itu saja sudah membuat perbedaan dan memiliki konsekuensi terkait tahapan dan penganggaran”.
Khusus mengenai penganggaran penyelenggaraan Pilkada Banjarbaru 2015, Hegar menjelaskan, “Karena pilkada dilaksanakan dengan APBD, tentu KPU Kota Banjarbaru tentu akan berkoordinasi dengan Pemko Banjarbaru”.